Perawatan Harian Cucakrawa Supaya Gacor

Perawatan harian cucakrawa supaya gacor – Cucakrawa juga perlu dirawat setiap harinya. Kunci awal kesuksesan dari memelihara cucakrawa adalah dilihat dari perawatan harian cucakrawa.

Perawatan harian yang benar akan membawa kesuksesan. Seperti burung pada umumnya, perawatan cucakrawa meliputi mandi, penjemuran dan pakan.

Advertisement

Di bawah ini akan dijelaskan cara merawat cucakrawa setiap harinya.Perawatan Harian Cucakrawa Supaya Gacor

Memandikan Cucakrawa

Berbeda dengan burung pada umumnya yang mandi setiap sore dan pagi hari. Untuk burung cucakrawa sendiri, ia lebih suka dimandikan pada siang hari. Mengapa begitu? Itu karena kebiasaannya yang lebih suka mandi pada siang hari daripada sore atau pagi hari.

Sama seperti burung pada umumnya, cara memandikan cucakrawa adalah dengan menyemprotkan burung dengan menggunakan semprotan air. Usahakan ketika burung sedang dimandikan, jangan langsung disiram menggunakan air kebadannya.

Sebab, itu bisa membuat burung menjadi kedinginan dan akhirnya sakit. Mandikanlah cucakrawa di dalam sangkar khusus tempat pemadian. Sangkar khusus ini hanya bisa dipakai ketika burung sedang dimandikan.

Advertisement

Di alam bebas, cucakrawa paling suka bermain air. Begitu pula ketika di penangkaran, cucakrawa juga uska bermain air. Dengan demikian, kita tidak perlu bersusah payah ketika memandikan burung cucakrawa lagi.

Penjemuran Cucakrawa

Menjemur cucakrawa bisa dilakukan pada pagi hari. Yaitu sekitar dimulai pada pukul 07.00 sampai 08.30. Mengapa cucakrawa harus dijemur pada pagi hari? Karena sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan cucakrawa. Itulah alasan mengapaa kebanyakan burung dijemur pada pagi hari.

Ada satu hal yang perlu diingat. Ketika hendak menjemur cucakrawa, jangan sampai cucakrawa dijemur kelamaan di bawah sinar matahari.

Itu disebabkan burung ini paling tidak suka dengan udara disekitarnya yang sangat panas. Jika ingin menjemur cucakrawa, maka jemurlah, tapi jangan terlalu lama.

Makanan Cucakrawa

Makanan pokok dari cucakrawa adalah jangkrik. Dalam sehari, cucakrawa bisa diberikan jangkrik sekitar 1-4 ekor jangkrik. Selain itu, cucakrawa juga menyukai buah-buahan. Terutama buah-buahan yang rasanya manis.

Contoh buah-buahan yang rasanya manis adalah apel dan pisang kepok. Ternyata, pemberian buah-buahan yang manis memiliki manfaat tersendiri.

Manfaat bagi cucakrawa memakan buah-buahan adalah dapat membuatnya untuk berlatih berkicau setiap hari dan akhirnya menjadi racin berkicau.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Harian Cucakrawa Supaya Gacor | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.