Perawatan Harian Kenari Supaya Gacor

Perawatan harian kenari supaya gacor – Kenari merupakan tipe burung yang senang untuk dipelihara. Tidak seperti beberapa burung berkicau lainnya yang pemeliharaannya sulit. Banyak orang yang menyukai kenari karena mudahnya memelihara kenari.

Walaupun kenari termasuk ke dalam tipe burung yang mudah dipelihara, kenari juga perlu dipelihara secara rutin dan dengna benar. Baik tidaknya burung kenari tergantung kepada penangkarnya sendiri.

Advertisement

Jika penangkar kenari tidak serius ketika merawat dan melatih kenari maka kenari tidak bisa menjadi burung yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.Perawatan Harian Kenari Supaya Gacor

Sebaliknya, penangkar kenari yang serius merawat dan melatih kenari maka kenari dapat menjadi burung yang berkualitas baik pula.

Selain itu kenari bukan termasuk tipe burung yang perawatannya terbilang mahal. Malah burung ini merupakan burung yang perawatannya terbilang murah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawat kenari. Diantaranya adalah:

Memandikan kenari harian

Advertisement

Seperti layaknya manusia, kenari juga perlu dimandikan Memandikan kenari bisa dilakukan satu hari sekali saja yaitu pada pagi hari. Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk memandikan kenari.

Sebab, selesai dimandikan, kenari bisa langsung dijemur dibawah sinar matahari pagi. Sebaiknya kenari mandi dengan sendiri. Siapkan sangkar khusus untuk kenari mandi dan biarkan kenari mandi sendiri.

Penjemuran kenari

Kenari perlu dijemur. Tujuan dari penjemuran adalah supaya kenari rajin berkicau dan membuat kicauannya bertambah rajin.

Dalam sehari penjemuran bisa dilakukan sekali saja yaitu pada pagi hari. Selesai kenari mandi, barulah kenari bisa dijemur.

Penjemuran bisa dilakukan pada tempat yang teduh namun masih terkena sinar matahari. Paling lama kenari bisa dijemur 2-3 jam dalam sehari.

Pemberian makanan kenari

Pakan kenari tidaklah semahal seperti pakan burung berkicau pada umumnya. Kenari hanya perlu memakan biji-bijian yang harganya tidak sebegitu mahal. Selain memakan biji-bijian, kenari juga memakan sayuran hijau dan buah-buahan.

Pakan sayuran hijau yang bisa diberikan kepada kenari adalah sawi. Sedangkan buah-buahan yang bisa diberikan kepada kenari seperti apel dan mentimun.

Tujuan pemberian pakan buah-buahan dan sayur-sayuran adalah supaya badannya tetap mungil dan tidak kegemukan. Selain itu, dapat membuat suara dari kenari tidak terputus-putus.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Harian Kenari Supaya Gacor | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.