Perawatan Harian Murai Batu Sebelum Kontes

Perawatan harian murai batu sebelum kontes – Tujuan merawat murai batu setiap penangkar pasti berbeda-beda.  Namun, apabila si penangkar ini mau menjadikan murai batunya sebagai burung kontes..

Pasti tujuan utamanya tak lain adalah agar dapat mencapai target yang telah ditentukan untuk mengikuti kontes dan supaya murai batu dapat tampil maksimal ketika di arena kontes nantinya.

Advertisement

Ada beberapa hal yang perlu dierhatikan ketika merawat murai batu setiap harinya. Diantaranya adalah:Perawatan Harian Murai Batu Sebelum Kontes

Memandikan murai batu Kaulitas kontes

Seperti burung pada umumnya, murai batu juga perlu dimandikan. Tujuan memandikan murai batu adalah supaya bulu dari murai batu tetap terjaga dan bersih.

Selain itu, tujuan dari memandikan burung murai batu adalah supaya tingkat birahi dan emosinya dapat diredam. Layaknya manusia, murai batu perlu dimandikan dua kali dalam sehari.

Tepatnya pada sore dan pagi https://health-e-child.org/ hari. Mengapa pada waktu sore dan pagi hari murai batu dimandikan? Sebab, pada sore dan pagi hari, matahari tidak terlalu terik.

Jadi, setelah murai batu selesai dimandikan, murai batu bsia langsung dijemur dibawah sinar matahari yang tidak terik tersebut.

Advertisement

Mandikan murai batu selama 1-2 jam. Biarkan murai batu mandi sendiri di sangkar khusus untuk mandi. Usahakan jangan memandikan murai batu menggunakan semprotan. Sebab, itu tidak bisa meredam dari birahi dan emosinya.

Waktu Penjemuran murai batu

Selesai dimandikan, murai batu boleh langsung dijemur. Jemur di tempat yang teduh tetapi masih terkena sinar matahari.

Jangan menjemur murai batu di canadian pharmacy bawah sinar matahari secara langsung. Sebab, murai batu tidak suka dengan hawa yang terlalu panas.

Tujuan penjemuran adalah supaya suara dari murai batu dapat bersuara tajam dan bersih. Penjemuran bisa dilakukan pada pukul 07.00 – 09.30.

Ingatlah, jangan menjemur murai batu lebih dari jam 09.30. Walaupun murai batu tidak dimandikan, tetaplah dijemur. Sebab, pejemuran tersebut harus rutin dilakukan.

Memberikan pakan murai batu berkualitas

Pakan yang bisa diberikan kepada murai batu adalah kroto, jangkrik, dan telur rebus. Takaran penyajian kroto adalah setengah sendok teh setiap hari.

Sementara penyajian jangkrik adalah 2-5 ekor jangkrik canadianpharmacysites.com setiap harinya. Dan pemberian telur rebus bisa dilakukan setiap hari dengan takaran penyajian setengah sendok teh.

Usahakan ketika memberikan pakan murai batu jangan terlalu banyak. Berilah secukupnya. Sebab, jika terlalu banyak akan membuat murai batu menjadi over birahi. Terlebih lagi apabila ingin terjun ke arena kontes.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Harian Murai Batu Sebelum Kontes | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.