Perawatan Kacer Setelah Siap Mabung

Perawatan kacer setelah siap mabung – Perawatan burung kecer setelah siap mabung tergolong lebih mudah jika kita bandingkan dengan burung lain seperti cucak ijo dan burung cucakrawa yang lebih rumit dan memerlukan kesabaran ekstra kusus..

Baik kacer bakalan maupun kacer dewasa yang sudah siap mabung,maka perlu kita lakukan perawatan seperti sediakan kala,yaitu melatih,memandikan dan menjemur kacer secara rutin supaya stamina dan kondisi fisik burung tersebut cepat pulih kembali..

Advertisement

Begitu juga dengan pakan harian yang kita berikan,juga kita balikan seperti kacer yang sedang sehat dan pemberian pakan bisa kita berikan secara normal dengan ukuran biasa.

Apalagi jika burung kecer tersebut sudah pernah masuk kontes,maka perlu kita lakukan lebih konsisten dalam hal perawatan serta pakan hariaanya juga kita berikan lebih untuk membuat kondisi fisik kacer pasca mabung mampu pulih dengan sangat cepat.setelah itu,lakukan perawatan seperti biasa secara rutin..Perawatan Kacer Setelah Siap Mabung

Perawatan Kacer Setelah Siap Mabung

Hal yang pertama anda perhatikan adalah pakan.pakan kacer pasca mabung kroto segar sebagai pakan utama,.sebab pakan kroto mampu untuk mendongkrak gairah kacer untuk mengeluarkan suara.apalagi jika burung kacer tersebut sudah masuk kontes,maka pemberin kroto sangat penting dan wajib kita berikan untuk pakan harian..

Selain pakan kroto,pakan jenis lain yang bisa kita berikan adalah dari jenis jangkrik dan ulat hongkong.Untuk pakan jangkrik,bisa kita berikan 2-4 ekor setiap 2 kali sehari pagi dan sore dengan sore.

Baca Juga: Merawat Cucak Jenggot supaya Berkicau Gacor

Untuk pakan berupa ulat hongkong bisa kita berikan sebagai pakan tambahan saja,misal kita berikan 2-5 hari sekali tergantung kebiasaan kecer tersebut.Untuk pakan kroto sendiri,sebenarnya tidak semua burung kacer bisa memakan kroto,akan tetapi,jika sudah menjadi kebiasaan,maka bisa di berikan 3 sendok teh 3 hari sekali saja.jadi kita rubah pakan utama menjadi jangkrik.semua tergantung dari kebiasaan sang burung..

Waktu tepat memandikan burung kacer

teknik memandikan burung kacer juga tergantung kebiasaan dan karakter dari si burung,jika kita rasa burung terlalu galak,maka bisa kita mandikan 2 kali dalam satu hari.cara memandikan kacer juga bisa dnegan menggunakan semprotan sprayer dan dengan menggunakan kandang kusus..

Advertisement

Akan lebih bagus,jika kacer kita biarkan sendiri mandi yang telah kita siapkan wadah atau baskom dengan berisi air.dengan cara ini,burung kacer akan lebih mandiri dan bisa mengurus dirinya tanpa campur tangan sang majikan.Ingat untuk memandikan burung kacer,jika pas waktu ada sinar matahari saja untuk mengeringkan bulunya selepas burung siap mandi..

Jika sedang hujan,mendung lebih baik kacer tidak usah di mandikan,cukup kita angin-anginkan di depan rumah saja.

Waktu terbaik menjemur burung kacer

Kusus burung kacer yang sudah berbunyi gacor,saat di lakukan penjemuran teduhkan jika burung kacer sudah terlihat naik turun di atas tenggeran/klabakan.jika sudah demikian,maka bisa kita teduhkan burung tersebut dan selanjutnya kita angin-anginkan..

Baca juga: Ciri Cucak Jenggot Anakan Jantan Betina

Saat melakukan penjemuran burung kacer,sebaiknya jauhkan dari jenis burung lain dan akan lebih bagus jika waktu penjemuran kita letakkan di dasar lantai tanah,Tidak kita gantung.hal ini memiliki tujuan supaya kacer tidak berlebihan dalam melakukan kicauan.

Akan tetapi,jika untuk burung kacer bakalan belum bisa untuk maju kontes,waktu penjemuran di gantung tidak menjadi masalah sebab burung belum siap masuk kontes dan masih sedang tahap pelatihan.kusus untuk kacer siap kontes,hal tersebut Sangat tidak di sarankan..

Tempat Lokasi Penempatan sangkar kacer

Untuk meletakkan burung kacer kita bagi menjadi dua bagian,yaitu burung kacer yang masih bakalan dan burung kacer siap untuk turun kontes.Untuk burung kacer bakalan,penempatan sangkar bisa kita sandingkan dengan jenis burung lain sebagai burung pemaster.

Jika burung kacer sudah siap turun kontes,maka penempatan sangkar lebih baik sendiri dan memilii tempat sedikit gelap.hal ini untuk menjaga supaya suara kacer tidak lepas dan banyak berkicau.apalagi jika akan ikut lomba,maka penempatan tempat gelap perlu kita lakukan setiap hari untuk menghindari suara kicauan terlalu berlebih..

Yang di takutkan nantinya ketika pas masuk kontes suara kacer menjadi hilang akibat drop.Akan lebih bagus,jika saat di letakkan di lokasi gelap,kita berikan suara Mp3 atau kaset cd masteran dengan suara sedang untuk lebih menjernihkan suara yang di keluarkan nantinya.

Baca juga: Karakter dan Habitat Kacer Di Hutan Liar

Demikian sedikit penjelasan tentang Perawatan Kacer Setelah Siap Mabung semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang mungkin saja kesulitan dalam merawat kacer sebelum sesudah mabung…salam.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Kacer Setelah Siap Mabung | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.