Perawatan Murai Batu Bakalan Harian

Perawatan Murai Batu Bakalan Harian – Sebagai burung berkicau, burung murai batu perlu dirawat. Apalagi yang tujuannya khusus untuk dikonteskan. Perawatannya harus lebih dari burung yang tidak dikonteskan.

Setiap pemilik murai batu memiliki cara tersendiri dalam melakukan perawatan. Namun, inti dari perawatan setiap pemilik murai batu adalah supaya murai batu memiliki suara yang sesuai dengan harapan.

Advertisement

Di dalam melakukan perawatan harian, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik murai batu. Beberapa hal yang dapat dilakukan di dalam melakukan perawatan harian adalah sebagai berikut.Baca Pakan Dan Vitamin Trotoal Anakan Murai Batu

  • Mandi

Murai batu perlu dimandikan. Di dalam satu hari, murai batu dapat dimandikan minimal satu kali. Memandikan burung murai batu dapat dilakukan setiap pagi atau sore hari. Jangan memandikan murai batu pada siang hari karena tidak bagus untuk kesehatan burung murai batu.

Memandikan murai batu dapat menggunakan hand sprayer atau bisa juga menggunakan tempat mandi khusus. Jika menggunakan tempat mandi khusus, biarkan murai batu mandi sendiri hingga puas. Murai batu harus dimandikan pada satu sampai dua hari sebelum kontes.

Perawatan Murai Batu Bakalan Harian

Dengan memandikan burung murai batu pada satu hingga dua hari sebelum kontes dilakukan bertujuan agar tingkat emosi murai batu dapat terkendali serta dapat meredam suara kicauan murai batu tersebut.

  • Penjemuran

Burung murai batu termasuk burung yang tahan apabila dijemur dalam waktu yang cukup lama. Penjemuran murai batu dapat dilakukan pada pagi.

Batas penjemuran burung murai batu adalah pada pukul 9 pagi. Ingatlah, jangan melebihi diatas pukul 9 pagi saat menjemur burung murai batu karena akan menyebabkan burung menjadi kepanasan.

 

Namun untuk murai batu yang sudah terbiasa berjemur melebihi pukul 9 pagi tidak masalah. Sebenarnya, penjemuran pada siang hari jauh lebih bagus karena dapat membuat burung nantinya tampil maksimal saat diarena kontes nantinya. Namun sayangnya tidak semua burung murai batu dapat tahan dijemur di siang hari.Baca Pakan Lolohan Anakan Murai

Hanya beberapa burung sajalah yang dapat bertahan jika dijemur di siang hari. Penjemuran yang dilakukan pada siang hari bukan hanya dapat mengeringkan bulunya saja tetapi juga dapat burung menjadi lebih bertenaga lagi dan suaranya dapat lebih bersih lagi dari yang sebelumnya.

  • Pemberian pakan

Pakan yang dapat diberikan pada burung murai batu adalah pakan alami dan pakan tambahan. Untuk pakan alami yang dapat diberikan seperti jangkrik. Pemberian pakan alami sebaiknya jangan berlebihan. Pemberian pakan yang berlebihan akan menyebabkan suara kicauan menjadi rusak.

Untuk pemberian pakan tambahan seperti kuning telur rebus. Pemberian kuning telur rebus diberikan dengan tujuan agar suara burung murai batu tetap stabil. Tidak hanya itu saja, pemberian vitamin juga perlu. Pemberian vitamin ini tidak perlu dilakukan setiap hari.

Advertisement

Pemberian vitamin khusus burung dapat dilakukan setiap dua minggu sekali atau sesuai dengan anjuran. Pemberian vitamin khusus burung pada burung murai batu akan memberikan efek yang baik yaitu dapat menjaga penampilannya.Simak Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Tips Sebelum Bakalan Murai Batu Masuk Kontes

Selama ini, orang-orang mengenal burung murai batu adalah burung unggulan yang memiliki keunggulannya saja. Namun, pendapat tersebut salah. Bagaimana pun unggulnya burung murai batu, tetap saja murai batu memiliki kelemahan. Akan tetapi keunggulan dari murai batu lebih banyak dibandingkan kelemahannya.

Apa-apa saja kelemahan dari murai batu? Salah satu kelemahan dari murai batu adalah kadang-kadang penampilannya tidak stabil. Bisa saja pada hari ini murai batu akan menampilkan sesuatu yang sangat luar biasa. Namun, keesokan harinya penampilan dari murai batu akan berubah menjadi tidak bagus.

Untuk menghilangkan kelemahan ini pada murai batu, caranya gampang. Kita cukup mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab dari penampilan burung menjadi tidak stabil. Setiap murai batu itu berlainan. Penyebab penampilan murai batu menjadi tidak stabil pun tidak seluruh murai batu sama.baca Menjodohkan Murai Batu Saat Mabung

Akan tetapi, biasanya penyebab dari penampilan burung tidak stabil adalah karena perawatan yang kurang baik. Perawatan yang kurang baik memang akan menyebabkan penampilan burung menjadi tidak stabil.

Tidak hanya itu, penyebab lainnya adalah karena pemilik memaksakan burung untuk dikonteskan terus menerus tanpa ada jeda untuk beristirahat selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Jika burung terus menerus dikonteskan, itu artinya burung membutuhkan pakan yang membantunya untuk menaikkan birahi serta pakan pengocor suara.

Akibatnya, pemberian pakan tersebut akan diberikan secara berlebihan. Sedangkan pemberian pakan yang digunakan untuk menaikkan birahi serta pakan pengocor suara tidak boleh berlebihan.

Jika diberikan berlebihan akibatnya adalah suara menjadi dan penampilan bu rung menjadi tidak stabil. Fenomena penampilan murai batu yang tidak stabil bukanlah hal yang asing lagi karena setiap kicau mania sudah mengetahui kelemahan dari murai batu ini. Fenomena ini lebih dikenal dengan istilah kelebihan gizi.Simak Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol

Jika dahulu burung murai batu banyak yang mengalami kekurangan gizi, namun saat ini murai batu lebih banyak yang mengalami kelebihan gizi. Hal ini disebabkan oleh pemberian pakan yang terlalu banyak serta tidak teratur. Untuk itulah sebaiknya hindari pemberian pakan terutama pakan alami yang berlebihan jika ingin murai batu dapat tampil dengan maksimal.

Kapan bakalan Murai Batu siap Masuk Kontes

Burung murai batu dapat dilatih untuk dikonteskan saat umurnya sudah menginjak satu tahun. Masa rawat untuk siap kontes adalah empat tahun atau bahkan lebih dari empat tahun. Jika kurang dari empat tahun takutnya burung belum memiliki suara yang bagus serta mental yang baik.

Jika sudah dirawat selama kurang lebih empat tahun atau lebih, maka burung akan memiliki fisik serta mental yang bagus.

Namun, ada juga murai batu yang masih belum memiliki fisik serta mental yang bagus walaupun sudah dirawat lebih dari empat tahun. Itu berarti tidak semua jenis murai batu itu sama.

Umur tidak menjadi patokan kapan burung dapat dikonteskan. Burung murai batu dapat dikonteskan saat fisik dan mental burung sudah bagus.simak juga Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Perawatan Murai Batu Bakalan Harian | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.