Perlengkapan Untuk Budidaya Burung Parkit Sederhana

Perlengkapan Untuk Budidaya Burung parkit sederhana-Dalam budidaya parkit, hal yang paling diperhatikan adalah perlengkapan kandang. Kenapa perlengkapan sangat diutamakan? itu bertujuan agar parkit tersebut dapat tumbuh dengan baik. Adapun perlengkapan yang digunakan adalah sebagai berikut:Perlengkapan Untuk Budidaya Burung Parkit

  • Tempat bertelurnya burung parkit

Biasanya tempat bertelurnya burung terbuat dari triplek yang diberi lobang kecil dimana lobang tersebut adalah tempat masuknya burung parkit. Sebaiknya tempat bertelurnya burung parkit disediakan dalam jumlah banyak, agar burung parkit dapat leluasa bertelur. Diusahakan tempat bertelurnya burung parkit terbebas dari gangguan binatang-binatang yang berbahaya.

Advertisement
  • Tempat untuk bertengger

Seperti kandang burung pada umumnya, harus dilengkapi dengan tenggeran. Biasanay tenggeran itu terbuat dari kayu yang kokoh dan tidak mudah patah. Kenapa harus yang kokoh? Karena burung parkit ini biasa menghancurkan kayu dengan menggunakan paruhnya.

Advertisement
  • Tempat untuk makan dan minum

Biasanya burung parkit adalah burung yang sangat sedikit dalam mengkonsumsi minum. Jadi, tempat air minumnya jangan terlalu besar karena dapat memakan tempat kandang. Sedangkan untuk tempat pakan harus diletakkan di tempat yang strategis yaitu tempat yang rendah agar anak burung parkit agar mudah makan sendiri. Sebaiknya tempat pakan jangan didekatkan dengan tempat air minum karena jika pakan terkena air burung parkit tidak akan mau memakannya lagi.

Biasanya tempat pakan dibuat dengan menggunakan triplek dibentuk seperti nampan plastik. Untuk menghindari berebutnya burung parkit dalam mengonsumsi makanan, maka setidaknya ada tiga buah tempat pakan.

  • Kain untuk menutup kandang agar tidak langsung terkena sinar matahari

Dalam memelihara burung parkit penutup kandang sangat diperlukan, karena cuaca yang tidak menentu dapat mengakibatkan burung parkit menjadi sakit. Jika waktu panas, penutup kandang sebaiknya dibuka, begitu juga sebaliknya. Jika musim dingin sebaiknya penutup kandang ditutup agar burung tidak kedinginan. Sebaiknya kain penutup kandang berwarna hitam agar tidak terlalu terkena sinar matahari/cahaya.

  • Lampu penerangan

Sebenarnya lampu penerangan ini tidak terlalu dibutuhkan dalam memelihara burung parkit. Maksud dari lampu penerangan ini agar lelbih terlihat terang. Kenapa lampu penerangan juga dibutuhkan dalam penangkaran parkit? Sebab saat burung parkit meloloh anaknya di malam hari, burung parkit mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perlengkapan Untuk Budidaya Burung Parkit Sederhana | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.