Persiapan Merpati Sebelum Masuk Lomba

Persiapan merpati sebelum masuk lomba – Persiapan jauh-jauh hari yang baik akan membuat pertandingan berjalan lancar. Jika kita mempersiapakn merpati untuk menghadadpi pertandingan hanya beberapa hari saja, maka tidadk ada kemungkinan burung akan menang mengikuti kontes burung yang diadakan.

Perlunya persiapan yang matang agar burung tidak terlalu terkejut ketika dipertandingan nantinya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa persiapan menghadapi pertandingan.Persiapan Merpati Sebelum Masuk Lomba

Advertisement

Istirahat yang cukup bagi merpati

Istirahat yang cukup juga merupakan hal yang mesti dilakukan merpati jauh-jauh hari sebelum pertandingan di mulai. Kurangnya istirahat akan membuat merpati jadi lelah.

Jika sudah lelah bisa saja merpati akan sakit. Untuk itu usahakan merpati jangan terlalu dipaksakan untuk berlatih sepanjang hari. Berlatih boleh, tetapi harus ada batasannya juga.

Istirahat yang baik adalah pada saat burung sudah selesai terbang. Atau pada sore hari. Hanya pada saat itu sajlah burung bisa beristirahat. Dan paginya ia akan dilatih lagi. Untuk itulah, usahakan jangan sampai burung terganggu ketika ia sedang tidur.

Advertisement

Ketika hari pertandingan sudah mendekat. Atau tinggal beberapa hari lagi, usahakan jangan ada aktifitas lainnya termasuk berlatih tersebut. Yang ada hanya makan, minum dan istirahat yang cukup.

Apalagi sehari sebelum pertandingan dimulai. Burung memerlukan istirahat yang cukup ketika ia ingin tampil. Sebab, nantinya diatas panggung ia akan menampilkan penampilan yang baik dan bagus.

Penerbangan sebelum pertandingan dimulai

Melakuan penerbangan sebelum pertandingan dimulai, dilakukan pada burung merpati setiap pertandingan sebentar lagi dimulai.

Jangan buang-buang waktu ketika menerbangkan burung ketika sebelum bertanding ini. Mengapa begitu? Karena pernerbangan sebelum pertandingan dimulai bermanfaat bagi saya-sayap burung.

Sayap yang mulanya tegang akan menjadi lemas ketika sudah terbang. Namun ingatlah, ketika sebelum penerbangan dimulai, kita harus membuat sangkar pendaratan. Kandang ini berguna untuk burung, supya burung tidak tersesat ketika berada bersama kawanaannya.

Pemberian pakan dan minum sebelum masuk lomba.

Setelah proses penerbangan selesai, barulah kita bisa memberi pakan kepada merpati. Pemberian pakannya pun tidak boleh terlalu banyak.

Hannya boleh sedikit saja. Setelelah pemberian pakan barulan pemberian minum. Pemberian air minum ini dilakukan untuk menghilangkan haus pada burung yang telah lelah terbang ke sana ke mari.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Persiapan Merpati Sebelum Masuk Lomba | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.