Pertandingan Sistem Duda Merpati

Pertandingan sistem duda merpati – Pertandingan sistem duda disini maksudnya adalah pertandingan yang dilakukan oleh burung dewasa yang selesai mengasuh anaknya. Tidak hanya burung jantan saja, tetapi burung merpati betina pun dapat mengikuti pertandingan sistem duda ini.

Syarat yang paling penting adalah burung harus dewasa. Burung merpati yang digunakan untuk pertandingan sistem duda berbeda dari merpati lainnya. Apa perbedaannya?

Advertisement

Perbedaannya terletak pada lama penggunaan burung sebagai burung aduan. Jika biasanya, merpati jenis lain hanya sebentar dipakai untuk dipertandingkan.Pertandingan Sistem Duda Merpati

Berbeda dengan burung merpati ini yang dipakai untuk waktu yang cukup lama. Yaitu sekitar 4-5 tahun. Bahkan ada yang lebih dari waktu yang telah ditetapkan.

Akan tetapi, tidak sembarang burung merpati yang bisa digunakan untuk pertandingan sistem duda. Paling tidak hanya merpati yang berkualitas baik saja yang bisa dipakai.

Advertisement

Burung merpati yang jantanlah yang bisas hidup lama dan juga bisa ditandingkan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan burung betina hanya sedikit orang yang mengikutsertakannya ke pertandingan sisitem duda.

Mengapa harus merpati dewasa jantan yang banyak dipergunakan oleh orang? Karena mertpati dewasa jantan lebih memiliki daya tahan tubuh yang tinggi daripada betinanya.

Dan merpati jantan dianggap bisa bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan burung merpati betina waktunya untuk dipertandingan hanya sedikit karena ia tidak bisa menghasilkan apa-apa lagi.

Sistem duda juga memiliki keuntungan sendiri bagi penangkar? Apa keuntungannya itu? Keuntungannya adalah walaupun penangkar hanya mempunyai sedikit burung merpati saja, tetapi peluang mendapatkan juara dalam suatu pertandingan sangat besar. Bahkan peluang mendapatkan gelar juara itu lebih besar daripada penangkar yang punya 50 burung sekalipun.

Selain itu, penangkar yang memilih sistem duda ini karena burung yang dihasilkan akan lebih terlihat sekali hasilnya. Setelah dilatih ddengan menggunakan sistem duda, burung langsung memperlihatkan hasil yang membanggakan.

Latihannya pun hanya 1 bulan saja. Bahkan ada yang beberapa minggu saja burung langsung menunjukkan hasil yang membanggakan bagi si penangkar tersebut.

Penangkar di Indonesia kebanyakan lebih menggunakan sistem duda ini untuk melatih merpati yang dipertandingkan ketimbang menggunakan sistem lainnya.

Jika sistem lainnya kemungkinan akan menang itu kecil, tetapi dengan menggunakan sistem duda ini kemungkinan akan menangnya sangat besar.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Pertandingan Sistem Duda Merpati | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.