Proses Mengawinkan Burung Kenari Berkualitas

Proses mengawinkan burung kenari berkualitas-Saat induk kanari sudah mulai siap kawin,maka langkah kita sebagai juragan harus mengatur dan merawat agar saat proses perkawinan tersebut berjalan degan normal sesuai yang kita harapkan.

Hal pertama untuk melakukan perawatan proses perkawinan burung kenari adalah menyiapkan segala sesuatu yang mungkin nantinya di butuhkan kenari agar lebih nyaman dalam melakukan perkawinan.berikut hal-hal yang sangat perlu anda lakukan.

Advertisement

Persiapkan kandang Penagkar.

kandang untuk perkawinan induk kenari harus kita siapkan terlebih dahulu dengan secara baik yang meliputi sarang,suhu dalam kandang,cahaya serta sirkulasi udara dalam kandang kenari. jangan lupa,masalah keyamanan serta keamanan kenari harus kita jamin.Proses Mengawinkan Burung Kenari Berkualitas

Induk Burung.

Pastikan memilih induk kenari yang sehat tidak cacat fisik serta umur kenari yang sudah cukup agar induk kenari tersebut bisa membuahi telurnya dengan cukup matang.untuk indukan kenari yang akan kita kawinkan labih baik kita cari dari indukan yang benar-benar memiliki kualitas super.selain tidak rugi nantinya,hasil yang di dapat juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita.

Advertisement

Masa perkawinan.

Indukan burung kenari yang sudah mulai berjodoh,bisa kita tandai dengan adanya induk yang mulai birahi,lalu selanjutnya ia akan melakukan perkawinan.hal yang sangat perlu di hindari oleh juragan burung adalah,jangan sampai induk kenari tersebut mencabuti bulu halusnya sendiri.

Bulu halus tersebut nantinya untuk di buat sarang saat akan bertelur.Untuk manjaga hal ini terjadi,juragan bisa menyiapkan beberapa lembar kapas,atau bahan lain yang ringan dan nyaman ke dalam kandang.

Degan demikian,nantinya indukan tersebut akan memunguti dan membuat sarangnya sesuai selera sendiri.selain itu,induk kenari yang sudah siap masa kawin,lakukan penjemuran dengan cukup.hal ini untuk menjaga fisiologi kenari dari timbulnya dampak stres.

lakukan juga pemisahan kedua induk tersebut,yang bisa di sebut Pisah campur.cara ini bisa kita lakukan dengan memisahkan induk jantan jika induk kenari tersebut sudah melakukan perkawinan.induk jantan tersebut bisa kita pindahkan pada sangkar yang berbeda.

Setelah kita pisah,lalu kita campurkan kembali lakukan cara ini 1 hari dua kali bisa pagi sore selama 20 menir saja sampai induk kenari betina sudah membuahkan telurnya.

Banyak juga juragan kenari yang menyarankan,agar induk betina yang memiliki kualitas unggulan,jangan di kawinkan atau di kembangbiakkan selama 3-4 kali secara berterusan.hal ini untuk menjaga induk kenari betina agar tetap produktif dan prima untuk melakukan perkawinan selanjutnya..salam.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Proses Mengawinkan Burung Kenari Berkualitas | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.