Tata Cara Penangkaran Cucakrawa

Tata cara penangkaran cucakrawa – Dalam menangkarkan cucakrawa, pastilah mempunyai tata cara tersendiri. Setiap penangkar pasti mempunyai tata caranya tersendiri. Mungkin setiap penangkar berbeda-beda dalam cara menangkarkan cucakrawa.

Tetapi umumnya, inti dari cara menangkarkan cucakrawa itu sama saja. Cara menangkarkan burung cucakrawa ada beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui.Tata Cara Penangkaran Cucakrawa

Advertisement

Salah satunya adalah dalam hal memilih calon indukan. Calon indukan yang baik ialah yang berasal dari keluarga yang berkualitas. Disarankan memilih calon indukan yang berasal dari keluarga berkualitas.

Tujuan pemilihan calon indukan yang berasal dari keluarga berkualitas adalah supaya kita tahu kedepannya calon indukan yang sudah kita pilih berkualitas baik juga seperti pada keluarganya.

Selain itu, calon indukan yang baik juga akan menentukan bagaimana anakan yang akan dihasilkan dari calon indukan tersebut.

Jika calon indukannya baik maka anakan yang dihasilakannya juga akan baik seperti induknya. Sebaliknya, jika calon indukannya saja sudah buruk, maka pasti sifat tersebut akan menurun ke anakannya, jadi anakannya akan menjadi buruk pula.

Advertisement

Untuk itulah, pemilihan calon indukan akan menentukan bagaimana nasib usaha yang akan kita jalani.

Apakah akan berjalan dengan lancar dan dengan mempunyai burung cucakrawa yang baik atau malah sebaliknya akan berhenti di tengah jalan karena burung cucakrawa yang dihasilkan tidak sebaik apa yang kita inginkan.

Dalam memilih calon indukan, pastilah setiap orang berbeda-beda satu sama lainnya. Selain itu, terkadang kita mempunyai kriteria tertentu dalam memilih cucakrawa. Beberapa kriteria tersebut akan kita bahas di bawah ini.

  • Keriteria yang pertama adalah mempunyai fisik sehat, besar, dan tidak cacat. Sehat disini maksudnya adalah sehat dalam semua hal. Termasuk pada tubuhnya yang tidak sakit-sakitan. Jika mendapatkan burung yang sakit-sakittan.

  • Kriteria yang kedua adalah kedua burung calon indukan cucakrawa sudah siap kawin. Karena kita membuka usaha penangkaran tujuannya adalah agar mendapatkan cucakrawa yang baik dan banyak, maka calon indukan yang akan dibeli harus siap kawin. Tujuannya adalah supaya ketika sudah sampai dipenangkaran sudah bisa langsung dikawinkan.

  • Dan keriteria yang terakhir adalah cucakrawa harus mempunyai bulu yang cerah dan baik. Bulu pada cucakrawa juga akan membuat harga jual burung ini menjadi naik.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Tata Cara Penangkaran Cucakrawa | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.