Tips Dalam Penangkaran Burung Gelatik Silver

Tips Dalam Penangkaran burung gelatik silver- Hampir sama dengan jenis burung gelatik lainya,dalam budidaya penangkaran burung gelatik silver,juga harus di perhatikan kualitas induknya,trah keturunan serta jelas asal-usulnya..dalam tahap melakukan penangkaran kunci utama adalah induk dari burung tersebut..

Gelatik silver yang baik adalah yang dibeli dari penangkaran, bukan dibeli dari pasar burung. Kenapa gelatik silver yang dibeli dari penangkaran lebih baik dibandingkan gelatik silver yang dibeli dari pasar burung? Karena, burung yang dibeli di penangkaran lebih terjamin kesehatannya karena lulus tes saat pemisahan antara burung gelatik siilver yang sehat dan yang sakit.Tips Dalam Penangkaran Burung Gelatik Silver

Advertisement

Bagi penangkar yang baru menangkarkan burung gelatik silver ini, maka disarankan membeli burung gelatik silver di penangkaran. Jika di penangkaran burung sudah tidak tersedia lagi burung gelatik silver, dan memang terpaksa membelinya di pasar burung juga tidak apa-apa.

Akan tetapi, pilihlah burung yang benar-benar sehat karena burung gelatik silver di pasar burung merupakan burung yang tidak lulus saat tes kesehatan.

Advertisement

Apabila penangkar hendak membeli sepasang burung gelatik silver di pasar burung maupun di penangkaran, maka lihatlah ring yang terdapat di kaki burung tersebut. Apa tujuan melihat ring di kaki burung saat ingin membeli burung tersebut? Tujuannya adalah supaya penangkar tahu berapa umur burung sekarang, dan dari indukan mana ia berasal.

Jika penangkar menemukan burung yang berasal dari indukan yang menang berkali-kali dalam kontes burung, maka jangan melewatkan kesempatan itu. Pilihlah burung tersebut.

Mengapa harus memilih burung yang berasal dari indukan yang menjuarai kontes burung berkali-kali? Karena, apabila burung tersebut berasal dari indukan yang menjuarai kontes burung berkali-kali, maka burung tersebut akan mengikuti induknya. Dan kesempatan menang kontes burung semakin besar.

Dalam membedakan jenis kelamin burung, haruslah dengan teliti. Ketika penangkar ingin membeli burung di pasar burung, maka pembedaan antara burung gelatik silver jantan dan betina sangatlah sulit. Karena, ketika di pasar burung, antara burung betina dan jantannya disatukan.

Dan apabila penangkar ingin membeli burung berpasangan, maka pilihlah antara jantan dan betinanya yang sudah berpasangan di dalam sangkar pasar burung.

Saat membeli burung gelatik silver, maka pilihlah burung jantannya yang umurnya di atas di atas satu tahunumur induk gelatik tersebut sudah mampu untuk membuahi sel telurnya dengan sempurna,jika masih di bawah umur satu tahun,kualitas sperma induk masih tergolong kurang sempurna yang mungkin saja tingkat kegagalan saat mengeram maupun bertelur tergolong cukup tinggi..

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Tips Dalam Penangkaran Burung Gelatik Silver | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.