Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu

Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu – Di dalam menangkarkan burung murai batu, menjadikan murai batu tersebut sebagai jawara adalah prioritas utama bagi sebagian kicau mania.

Bahkan saat ini bagi setiap kicau mania mereka harus memenangkan burung berkicaunya agar derajat pemilik burung tersebut terangkat di mata para kicau mania lainnya.

Advertisement

Untuk menjadikan burung murai batu sebagai jawara, hendaknya sebagai pemilik kita harus memulai dengan cara pemeliharaan. Sebelum pemeliharaan berlangsung, tentu saja kita harus memilih dan membeli murai batu terlebih dahulu.

Di dalam memilih dan membeli calon indukan murai batu, kita harus ekstra hati-hati. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar murai batu yang sudah kita beli sesuai dengan apa yang kita inginkan dan tidak mengecewakan kita nantinya.

Memilih dan membeli calon indukan merupakan langkah awal menangkarkan murai batu. Jika tidak hati-hati maka akan berisiko kedepannya. Bisa saja murai batu yang kita tangkarkan tidak akan mendapat gelar jawara karena salah di dalam memilih calon indukan.

Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu

Apabila Anda adalah seorang pendatang baru di dalam dunia burung berkicau dan hendak langsung menangkarkan murai batu, maka Anda sebaiknya memilih indukan murai batu yang telah menjadi jawara.Simak dulu Pakan Dan Vitamin Trotoal Anakan Murai Batu

Sebaiknya jangan memilih indukan yang biasa karena antara indukan jawara dengan indukan biasa jika ditotalkan hingga proses pemeliharaannya hingga dikonteskan maka biayanya sama saja.

Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu

Terlepas dari jenis murai batu tidak perlu dipersoalkan karena apa pun jenisnya, jika perawatannya tidak dilakukan dengan baik maka hasilnya akan sama saja. Burung tetap tidak dapat menjadi jawara.

Induk murai batu yang dapat dipilih ada dua jenis, yaitu induk jantan dan induk betina. Di dalam memilih antara induk jantan dan inuk betina, kita dituntut untuk memiliki kriteria yang harus dipenuhi oleh kedua jenis indukan tersebut. Jika memenuhi kriteria yang telah kita buat maka burung tersebutlah yang akan dipilih.

Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara memilih induk jantan dan induk betina.

Memilih induk Murai Batu jantan

Kriteria yang harus dipenuhi oleh induk jantan yang akan dipilih adalah sebagai berikut.

  • Sebaiknya burung sudah menjadi jawara.
  • Bermental baja dan memiliki suara yang keras serta merdu.
  • Sudah berusia lebih dari dua setengah tahun.
  • Induk jantan harus dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat diseluruh tubuhnya.

Itulah beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh induk jantan yang akan dipilih.

Memilih induk Murai betina

Induk betina disini sangat berperan penting dalam membentuk anakan yang berkualitas. Karena itulah, pilihlah induk betina yang sesuai dengan kriteria agar menghasilkan anakan yang berkualitas. Kriteria yang harus dipenuhi oleh induk betina adalah sebagai berikut.Baca juga Pakan Lolohan Anakan Murai Dan Umur Waktu Disapih Dari Induk

Advertisement
  • Usianya lebih dari satu setengah tahun.
  • Induk betina tidak takut dengan manusia atau istilah lainnya sudah jinak.
  • Tidak ada cacat fisik dihampir seluruh bagian tubuhnya.
  • Kondisinya dalam keadaan sehat.
  • Memiliki suara yang merdu, keras, dan tinggi.

Tips Menangkarkan murai batu

Saat ini kicau mania berlomba-lomba untuk mengikutsertakan burung berkicau peliharaannya di arena kontes. Hal ini dilakukan tak lain dengan tujuan agar si pemilik atau kicau mania tersebut juga ikut mendapatkan gelar apabila burungnya menang dalam kontes tersebut.

Tren menangkarkan burung berkicau pun kini menjadi hal yang harus dilakukan oleh para kicau mania. Burung berkicau yang ditangkarkan ada begitu banyak jenisnya. Salah satu jenis burung yang sering ditangkarkan adalah burung murai batu.

Burung murai batu saat ini telah masuk ke dalam salah satu jenis burung unggulan. Kepintarannya serta suaranya sudah tidak diragukan lagi oleh para kicau mania. Karena itulah saat ini banyak orang yang beralih menangkarkan murai batu.

Murai batu di alam saat ini sudah mulai langka. Bahkan sudah terancam punah. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mengambil murai batu dari alam secara berlebihan. Akibatnya persediaan murai batu di alam sudah semakin menipis.Simak dulu Menentukan Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan Betina

Karena murai batu di alam jumlahnya sudah semakin menipis membuat para kicau mania beralih menangkarkan murai batu. Dengan cara menangkarkannya lah murai batu akan terbebas dari ancaman kepunahan.

Menangkarkan murai batu tidaklah semudah seperti membalikan telapak tangan. Dalam menangkarkan murai batu pemilik dituntut untuk lebih tahu lebih dalam mengenai murai batu agar tidak mengalami kendala di dalam menangkarkan murai batu.

Supaya nantinya tidak mengalami kendala di dalam menangkarkan murai batu, pemilik hendaknya mempersiapkan segala sesuatunya sebelum penangkaran dilakukan. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum pemeliharaan dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Menyiapkan Kandang Penangkaran

Kandang merupakan hal yang paling dibutuhkan di dalam menangkarkan murai batu. Tidak ada kandang berarti tidak ada tempat untuk menangkarkan murai batu. Kandang perlu dipersiapkan sebelum indukan murai batu dibeli. Tujuannya supaya jika indukan nantinya sudah dibeli maka ada tempat untuk meletakkannya.Baa dulu Jenis Dan Ciri Murai Batu Di Habitat Alam Liar

Di dalam mempersiapkan kandang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

Tempat meletakkan kandang Murai Batu

Tempat untuk meletakkan kandang merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Tempat atau lokasi harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kandang dibuat. Usahakan lokasi ini merupakan lokasi menetap sehingga nantinya tidak akan ada lagi perpindahan lokasi.

Lokasi atau tempat untuk meletakkan kandang harus nyaman dan tenang. Tempat yang nyaman dan tenang dapat memberikan suasana yang nyaman  bagi burung nantinya.

Jika lokasi kandang diletakkan di tempat yang tidak nyaman dan di tempat keramaian maka burung kana merasa terganggu. Dan akhirnya murai batu jadi tidak mau berkicau.

Lokasi tempat menangkarkan burung murai batu juga perlu bersih. Baik itu dari polusi udara maupun dari benda-benda lainnya.

Jauhkan lokasi kandang dari hewan pengganggu lainnya supaya tidak ada gangguan nantinya saat menangkarkan murai batu sudah berlangsung.sekian Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu semoga bisa di jadikan bahan rujukan nada di rumah..Baa juga Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan Murai Batu | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.