Ukuran Bentuk Kandang Jenis Burung Cockatiel

Ukuran bentuk kandang jenis burung cockatiel-Sebelum kita menangkarkan cockatiel maka kita harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mempersiapkan kandang. Kandang dipersiapkan 2 minggu sebelum cockatiel kita pesan dari penangkar.

Kandang merupakan hal yang paling penting dalam usaha penangkaran cockatiel ini. Kenapa kandang merupakan hal yang paling penting dalam menangkarkan cockatiel?

Advertisement

Karena kandang merupakan tempat dimana cockatiel akan hidup setiap harinya disana. Buatlah kandang senyaman mungkin agar cockatiel betah di kandang tersebut. Jika kandang kotor maka sudah pasti cockatiel tidak akan betah didalam kandang.

Ukuran kandang pun harus diperhatikan. Jika kita membuat kandang dengan model baterai maka janganlah terlalu kecil. Sebab kandang yang terlalu kecil akan membuat cockatiel tidak bisa leluasa bermain di dalam kandang.Ukuran Bentuk Kandang Jenis Burung Cockatiel

Dan jika kita membuat kandang dengan model koloni jangan terlalu berlebih ukuran besarnya. Karena kandang yang terlalu besar akan memakan lahan saja. Apalagi jika kita hanya mempunyai lahan yang sedikit. Buatlah kandang sesuai dengan lahan yang ada.

Advertisement

Kandang dapat dibuat menggunakan kawat besi. Pilihlah kawat yang kuat supaya tidak mudah berkarat dan lapuk. Penggunaan kawat besi dinilai lebih efektif daripada menggunakan kayu sebagai bahan dasar pembuatan kandang.

Karena jika kayu yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kandang maka dapat dipastikan kandang tidak tahan lama. Karena sifat cockatiel yang suka sekali menghancurkan kayu.

Kandang juga harus diberikan tenggeran supaya cockatiel dapat bertengger layaknya seperti di alam bebas. Tenggeran sebaiknya dibuat dari kayu yang keras.

Sebab jika kita menggunakan kayu yang lunak maka akan habis dihancurkan oleh cockatiel. Dan jika kita menggunakan kayu yang keras maka cockatiel tidak bisa menghancurkannya.

Selain dari tenggeran di dalam kandang cockatiel juga harus dilengkapi dengan beberapa peralatan perlengkapan cockatiel.

Perlengkapan tersebut seperti tempat pakan, tempat minum, sarang, dan lain sebagainya. Letakkanlah peralatan perlengkapan itu di tempat yang sudah disediakan di dalam kandang.

Sebaiknya kandang dibuat memanjang horizontal. Mengapa kandang disarankan untuk dibuat memanjang horizontal? Karena kandang yang dibuat memanjang horizontal dapat membuat cockatiel menjadi senang karena dapat terbang mendatar.

Jika kandang tidak dibuat memanjang horizontal maka cockatiel kesulitan dalam terbang karena tidak sesuai dengan cara ia terbang.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Ukuran Bentuk Kandang Jenis Burung Cockatiel | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.