Mengapa Burung Murai Batu Mengalami Berak Kapur

Mengapa burung murai batu mengalami berak kapur-banyak gajala serta penyebabnya jika burung murai batu sampai terkena jenis penyakit berak kapur ini.salah satu akibat dan penyebab adalah faktor pakan dan kurangnya kebersihan kandang lingkungan sekitar.

Selain bisa menyerang burung murai batu,jenis penyakit berak kapur ini juga banyak menyerang jenis unggas lainya,salah satunya pada ayam.

Advertisement

gejala yang di timbulkan serta ciri yang bsia kita lihat jika burung murai batu sudah terserang penyakit berak kapur ini bisa kita lihat dari duburnya.

Umumnya pada luar dubur murai batu akan terus mengeluarkan cairan berupa lendir,kotoran yang di hasilkan berwarna putih sama persih dengan kapur.maka dari itu,jenis penyakit ini di namakan berak Kapur.

selain itu,jika penyakit ini sudah menyerang murai batu,akibat yang di timbulkan murai batu akan mengalami lemas,lesu,bulu berdiri tidak teratur,badan merinding,pada bagian sayab terkulai lemah dan nafsu makanya yang turun drastis.

Selai gejala di atas,berat badan burung pun akan cepat sekali susut,mata sayu mengantuk,hanya ingin tertidur bahkan saat bertengger,burung bisa ketiduran akibat hawa pada suhu tubuh yang tiba-tiba berubah total.Mengapa Burung Murai Batu Mengalami Berak Kapur

Advertisement

Pada intinya,jenis penyakit berak kapur ini menyerang bagian dalam untuk pencernaan burung,jika hal ini tidak segera kita atasi dengan cara melakukan perawatan serta pengobatan secara benar,maka bisa di pastikan burung akan mengalami kematian.

Jika tidak mau kehilangan burung kesayangan anda,lakukan segera pengobatan,akan lebih baik jika sebelum menyerang burung,kita bisa mencegah jenis penyakit ini timbul dengan cara menjaga kebersihan kandang,pakan serta air minum yang kita berikan.

Mencegah itu lebih mudah dari pada mengobati,pepatah tersebut memang benar adanya.Jika burung anda mengalami penyakit jenis berak kapur,cara pengobatan dan pencegahan agar tidak menular pada jenis burung lainya,sebaiknya burung yang terserang penyakit ini kita isolasi,jika penyakit sudah parah dan sangat minim untuk sembuh,sebaiknya langsung di musnahkan saja.

hal ini untuk mencegah burung lainya.jangan sampai gara-gara burung satu,semua peliharaan anda habis tak tersisa.

Cara Pengobatan.

Burung murai yang sudah terkena penyakit brak kapur akan sangat sulit untuk di sembuhkan.jika bisa sembuh,mungkin juga memerlukan waktu yang cukup lama dengan perawatan yang serba kusus dan telaten.cara mengobati murai batu terserang penyakit berak kapur dengan cara

Memberikan obat yang bernama Vitatetraclor yang bisa kita berikan di campur dengan air minumnya.untuk dosis pemakaian,silahkan di baca dalam bungkusnya.

Selain itu,kita juga bisa menggunakan Sulfamix yang bisa kita loloh kan langsung pada burung murai batu.dosis pemakaian ikuti pada bungkusnya.

perlu di ketahui,sangat sulit untuk menyembuhkan jenis penyakit berak kapur ini.apalagi jika penyakit sudah terlambat dalam pengobatan serta penyakit sudah parah,maka dari itu,lakukan isolasi dengan menjauhkan burung dengan burung lainya,jika perlu dan anda iklas,lakukan pemusnahan dengan cara di bakar atau di pendam pada burung yang sudah parah dan sulit untuk di sembuhkan..semoga berguna..salam..

Advertisement
Mengapa Burung Murai Batu Mengalami Berak Kapur | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.