Merawat Cucak Jenggot supaya Berkicau Gacor

Merawat cucak jenggot supaya berkicau gacor – Siapa orang yang tidak menginginkan burung peliharaannya mampu berkicau dengan gacor.apalagi jika burung tersebut sudah saatnya untuk kita turunkan ke arena kontes..maka selain melakukan perawatan burung juga memerlukan untuk kita master supaya suara kicauan lebih berfareasi unik..

Untuk perawatan burung cucak jenggot sendiri sebenarnya cukup mudah untuk kita lakukan,hampir sama dengan jenis burung berkicau lain,yaitu pakan harian,memandikan dan menjemur cucak jenggot sesuai kebiasaanya yang akan saya ulas lebih gamblang di bagian bawah..

Advertisement

Yang sangat perlu di perhatikan,jika memang anda di rumah sedang memelihara jenis burung berkicau cucak jenggot,pertama kondisi lingkungan daerah burung tersebut berada wajib kita sterilkan dari jenis burung dan binatang hewan liar mungkin saja bisa mengancam nyawanya..Merawat Cucak Jenggot supaya Berkicau Gacor

Sebab burung cucak jenggot termasuk burung yang memiliki tingkat sensitif terlalu tinggi,jika sampai drop dan kaget,mungkin akan membuat cucak jenggot malas untuk berkicau..Dan hal ini juga memerlukan waktu dan perawatan yang tidak sebentar,tak sedikit yang membutuhkan waktu tahunan untuk memulihkan kondisi fisik seperti sedia kala..

Merawat Cucak Jenggot supaya Berkicau Gacor

Sesuai penjelasan di atas,jika menginginkan cucak jenggot memiliki banyak fareasi kicauan,kita wajib berikan burung pendamping atau burung pemaster yang mana kegunaannya tak lain untuk memancing cucak jenggot mampu dan rajin untuk berkicau..

Baca Juga: Habitat Kehidupan Cucak Ijo Hutan Liar

Salah satu jenis pemaster terbaik,anda bisa menggunakan dari jenis burung Toet/Cendet yang mana,kedua jenis burung ini memang tergolong burung paling akur jika hidup di sandingkan.Untuk melakukan perawatan sendiri supaya burung cucak jenggot mampu berkicau gacor,ada beberapa hal penting yang mesti anda perhatikan,salah satunya adalah..

Pakan harian untuk burung cucak jenggot

Di alam liar,burung jenis ini memakan serangga dan kumbang yang memang menjadi salah satu pakan utama.Nah,jika untuk pakan burung cucak jenggot hasil ternak atau penangkaran,maka kita bisa memberikan dari jenis jangkrik dan kroto segar sebagai pakan utamanya..

Sebab kedua pakan tersebut mampu membangkitkan gairah cucak jenggot untuk selalu berkicau dengan sangat lantang.selain pakan utama seperti di atas,kita juga bisa memberikan pakan tambahan berupa buah pir atau buah apel merah yang juga memiliki kasiat mampu membuat cucak jenggot rajin untuk mengeluarkan suaranya..

Untuk tata cara pemberian pakan utama sendiri,kusus burung cucak jenggot dewasa,kita bisa memberikan 2-4 ekor setiap kali kita memberikan pakan dan berikan dua kali dalam sehari pagi dan sore hari..

Advertisement

Baca juga: Merawat Cucak Ijo Supaya Gacor Ngentrok

nah untuk pakan kroto,hanya sebagai pakan pendamping saja,atau bisa juga kita kombinasikan kedua pakan tersebut,namun untuk kualitas bagus,berikan pakan kroto segar 2-4 hari sekali saja dengan ukuran satu sendok makan.pakan tambahan lain seperti buah,bisa anda berikan sesuai kebiasaan 3-5 hari sekali.

Waktu memandikan Burung Cucak jenggot.

Waktu dan kapan burung cucak jenggot bagus untuk di mandikan,Sesuai pengalaman dan beberapa pengamatan,untuk memandikan burung cucak jenggot,lakukan dua kali dalam sehari,apalagi jika cucak jenggot sudah mampu mengeluarkan kicauan yang sempurna,wajib kita mandikan 2 kali dalam satu hari..

Kusus untuk cucak jenggot betina,cukup kita mandikan satu kali saja dalam sehari.sebab untuk burung berkelamin betina ini sangat mudah naik birahinya,apalagi jika pakan jangkrik kita berikan berlebihan,dengan demikian masa birahi tersebut bisa kita atur..

Baca Juga: Cara Membedakan cucak Ijo Jantan Betina

Berbeda dengan burung Murai batu atau burung toet yang jika sedang naik birahi,burung akan menjadi liar dan galak,,untuk burung cucak jenggot,jika sedang birahinya naik,ia akan lebih dominan diam,dan malas untuk berkicau,kesehariannya hanya di gunakan berdiam diri di dalam tenggeran..

Waktu dan Jam menjemur cucak jenggot

Untuk burung cucak jenggot yang sudah terlatih dan sempurna dalam berkicau,anda bisa menjemur cucak jenggot 2-3 jam setiap pagi hari.menjemur cucak jenggot selain untuk membuat bugar dan segar,bertujuan untuk menjernihkan suara kicauannya..

Sebab burung cucak jenggot suka akan air minum dan memang menjadi salah satu suka menum,dengan demikian,akan lebih membuat suara kicauan terdengar bersih dan sedikit basah enak untuk di dengarkan..

Setelah kita jemur 2-3 jam,selanjutnya burung bisa untuk kita teduhkan dan letakkan di daerah sejuk atau bisa kita angin-anginkan untuk membuat cucak jenggot lebih rajin mengeluarkan kicauannya..Untuk mendongkrak supaya burung cucak jenggot mampu berkicau dengan gacor..

Maka memerlukan burung pendamping di kanan atau kirinya.sebab cara ini mungkin masih banyak orang untuk menerapkan cara seperti ini,dan bisa di katakan jika sebagian orang masih belum banyak yang mengetahui jika burung cucak jenggot juga membutuhkan burung pendamping seperti burung Toet/cendet..

Baca juga: Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan untuk malam ini tentang Merawat Cucak Jenggot supaya Berkicau Gacor semoga bisa berguna dan bermanfaat kususnya bagi anda yang baru terjun di dunia burung cucak jenggot…salam..

Advertisement
Merawat Cucak Jenggot supaya Berkicau Gacor | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.